Pencahayaan menghasilkan gambar atau animasi yang memilikirefleksi dan bayangan. Kita dapat memilih jenis cahaya, intensitas dan warna sesuai keperluan. Beberapa lampu dapat memberikan tampilan “kabut” atau “berdebu” dengan menggunakan efek halo(lingkaran cahaya di sekitar obyek berpendar) atau efek pencahayaan volume(seperti lampu mobil dalam cuaca berkabut).

Lamp atau Lampu merupakan tempat sumber cahaya pada image atau animasi. Dalam tipe lamp terdapat banyak jenis object lampu yang dapat digunakan dalam menerangi obyek yang ada di viewport

Point

Lampu point memberikan penerangan dengan cara cahaya dari satu titikmenyebar ke segala arah. Point light juga dikenal dengan Omni light.Dapat dibaratkan sebagai sebuah bola cahaya dalam sebuah ruangan.

Sun
Tipe sun sebagai direct lamp, sun light, infinite.Tipe sun ini menggunakan cara menerangi seperti matahari arah cahaya berbentuk orthograph atau sejajar, yang mana tipe ini mensimulasikan cahaya kepada semua objek pada sudut yang sama, walaupun antara satu objek dengan lainnya terletak ditempat yang berbeda. Tipe sun paling sering digunakan untuk mensimulasikan cahaya langsung matahari.

Spot
Tipe spot fungsinya seperti lampu pada panggung drama Lampu ini memiliki batasan derajat arah cahaya. Kita dapat mengatur arahnya, mengatur tingkat kehalusan cahayanya atau sering disebut dengan softness edges (nilaiBlend pada Blender ), decaydan attenuation.

Hemi

Tipe hemi lamp adalah tipe lampu yang merefleksikan kembali cahaya-cahaya yang terdapat disekitar obyek. Lampu ini berperilaku sebagai sebuah kubah yang menutupi seluruh scene.Tipe ini mempunyai penyebaran cahayanya merata

Area
Tipe area lamp fungsinya menerangi area, arah cahanya hampir orthograph. Merupakan tipe lampu yang mensimulasikan besar lampu pada dunia nyata. Jika Area Light diperbesar skalanya, maka hal itu seperti memperbesar besaran lampunya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *