Mengenal Objek – Objek 3 Dimensi
Primitive Modeling

Primitive modeling

Primitive modelling merupakan salah satu teknik dasar permodelan 3D, dengan cara membuat model dari objek dasar, seperti :

  • box
  • cone
  • sphere
  • cylinder
  • tube
  • pyramid
  • torus
  • dan plane.

Objek-objek tersebut terdiri dari vertices (vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk edge (garis) sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang).

Standard primitive adalah objek yang memiliki ketebalan yang ditentukan dari awal dan objek tersebut dapat dimodifikasi pada bagian vertex / edge / face dengan mengaktifkan mode edit (object mode » edit mode).

teknik ini lebih mudah untuk dikerjakan karena segala proses modeling berbasiskan dari bangun ruang yang sudah ada, dan untuk modeling menggunakan teknik ini langkah-langkah yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan teknik yang lain.

 

Nurbs modeling

Non-Uniform, Rational B-spline Surface adalah adalah standar industri untuk merancang dan pemodelan permukaan. Hal ini terutama cocok untuk pemodelan permukaan dengan kurva yang kompleks.

Dalam sebuah teori yang ada NURBS membutuhkan representasi matematis yang tepat dari permukaan bentuk yang unik seperti yang digunakan untuk lambung kapal, permukaan eksterior aerospace, dan badan mobil, yang dapat direproduksi persis kapan teknis diperlukan.

Sculpting modelling

Sculpting modelling merupakan teknik memahat secara digital. Atau dapat dikatakan bahwa sculpting merupakan memahat model didunia maya.
Pada aplikasi blender mode Sculpt hampir sama dengan mode edit dalam cara untuk mengubah bentuk dari model. Akan tetapi mode sculpt mempunyai alur kerja yang berbeda, tidak menggunakan element individual (titik, garis, permukaan). permukaan model di ubah menggunakan brush.

brush dapat di pilih menggunakan keyboard number:

0 to 9 and Shift-0 to Shift-9.scuplt
Next Modul 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *