Mengenal Bone (Tulang)

Bone merupakan obyek yang dapat melakukan manipulasi posisi sekumpulan vertex pada mesh object

Apa itu Rigging?

Rigging merupakan proses pemberian tulang (penulangan) yang tersusun dari beberapa potong tulang (Bone) yang saling berhubungan. Jadi Rigging sama fungsinya dengan kerangka manusia, fungsi penulangan pada kerangka ini adalah sebagai bagian pengerak untuk objek yang akan dianimasikan.

untuk membuat rigging caranya dengan menekan tombol 
Shift + A Pada keyboard kemudian pilih Amature -> Singlen Bone ( bisa juga memilih pilihan selain single bone)

Forward kinematic

Forward kinematic sadalah pergerakan bone dimana bila bone 1 bergerak jadi bone 2 dan 3 ikut bergerak, bila bone 2 bergerak maka bone 1 tidak bergerak dan bone 3 mengikuti bone 2.

bone pada blender

Inverse kinematic

Merupakan kebalikan dari forward kinematics. Inverse kinematic mirip gerakan wayang. Pada Inverse kinematic dapat diaktifkan dengan menggunakan fitur auto IK. Saat rigging inverse kinematic dijalankan maka jika bone 3 Digerakan bone 1 dan bone 2 ikut bergerak juga.

Tangan

 

Next Materi Selanjutnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *