1. Consistency
    Banyak perusahaan dalam menjalankan sistemnya menggunakan aplikasi sistem yang berbeda di setiap divisi dalam perusahaan tersebut. Software engineer harus memerhatikan hal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang aplikasi khususnya antarmuka, misalnya penerapan warna, struktur menu, font, atau format desain yang seragam pada antarmuka di berbagai bagian, sehingga user tidak mengalami kesulitan pada saat pindah posisi pekerjaan atau pindah lokasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal itu berdasarkan pada karakteristik manusia yang mempunyai pemikiran menggunakan analogi serta kemampuan  manusia dalam hal memprediksi.Contohnya keseragaman tampilan menu dan ikon pada Microsoft  Office Word, Excel, PowerPoint, atau Access hampir sama. Jika menggunakan istilah Save untuk  menyimpan, maka gunakan terus istilah tersebut.
  1. Familiarity
    Memberikan tampilan yang familiar terhadap user. Misalnya penggunaan ikon disket akan lebih familiar jika digunakan untuk perintah menyimpan, atau penggunaan ikon printer untuk perintah mencetak hasil pekerjaan.
  1. Simplicity
    Kesederhanaan antarmuka perlu diperhatikan pada saat membangun aplikasi. Tidak selamanya antarmuka yang memiliki banyak menu adalah antarmuka yang baik. Kesederhanaan ini berarti sebagai segala hal yang ringkas dan tidak berbelit. User akan merasa jenuh dan bosan jika pernyataan, pertanyaan, menu, dan informasi yang dihasilkan aplikasi sistem terlalu panjang dan berbelit-befit. User lebih menyukai hal-hal yang bersifat sederhana tetapi mempunyai kekuatan bobot.Next Direct manipulation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *